Bagaimana tata cara permohonan data ?

  1. Pemohon informasi publik mengajukan permintaan disertai alasan permintaan tersebut dengan cara tertulis maupun tidak tertulis / permintaan secara online.
  2. Pemohon informasi harus menyebutkan nama, alamat, jenis informasi yang diminta dan cara penyampaian informasi yang diinginkan.
  3. Pemohon informasi harus meminta tanda bukti dari badan publik beserta nomor pendaftaran permintaan.

Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi pemohon ?

  1. Mengisi formulir permohonan informasi.
  2. Memberikan salinan identitas diri / organisasi

Jangka waktu penyelesaian permohonan ?

  1. Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi public memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.
  2. Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak. Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.
  3. Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi public kepada pemohon informasi public dilakukan secara langsung, melalui email, fax ataupun jasa pos.

Cakupan data apa saja yang bisa diperoleh pemohon ?

  1. Data informasi untuk publik.
  2. Untuk data yang sifatnya membutuhkan penanganan pihak tertentu, kami menyediakan layanan konsultasi di badan publik.
  3. Tidak diperkenankan meminta data yang berhubungan dengan kerahasiaan negara.

Apakah data asli atau salinan yang akan diperoleh oleh pemohon ?

  1. Salinan yang dilegalisir.
  2. Kami tidak memberikan yang asli dalam bentuk apapun, untuk menghindari penyalahgunaan data.

Apakah ada biaya untuk setiap data yang di terbitkan ?

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi menyediakan informasi public secara gratis (tidak dipungut biaya). Sedangkan untuk penggandaan atau perekaman, pemohon/pengguna informasi publik dapat melakukan penggandaan sendiri atau menyediakan media penyimpanan untuk perekaman data dan informasinya.

Keberatan atas pemberian informasi publik ?

Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi berdasarkan alasan berikut:

  1. penolakan atas permintaan informasi berdasarkan alasan pengecualian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17;
  2. tidak disediakannya informasi berkala sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9;
  3. tidak ditanggapinya permintaan informasi;
  4. permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
  5. tidak dipenuhinya permintaan informasi;
  6. pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
  7. penyampaian informasi yang melebihi waktu yang diatur dalam Undang¬Undang ini.