Gerakan Pengelolaan Sampah

Gerakan Pengelolaan Sampah

Keberadaan sampah adalah sebuah keniscayaan dari berbagai aktivitas kehidupan manusia. Seiring dengan kemajuan ekonomi masyarakat, masalah sampah yang pada jaman dahulu tidak menjadi masalah yang sangat serius, berkembang menjadi masalah besar. Karena kemajuan ekonomi dan perkembangan dunia industri menyebabkan pola hidup masyarakat berubah, antara lain semakin banyaknya produk konsumsi dalam bentuk kemasan plastik, karton atau kaca. Kemasan inilah kemudian yang menjadi masalah baru karena tidak mudah dihancurkan layaknya sampah organik.

Keberadaan sampah akan menjadi sumber permasalahan besar bagi kehidupan manusia jika kita tidak mampu mengelolanya dengan baik. Banjir dan longsornya timbunan sampah di Bandung beberapa waktu yang memakan korban jiwa, hanya sedikit contoh dari berbagai akibat yang ditimbulkan jika kita tidak mulai mengambil langkah serius mengatasi masalah sampah.

Pendirian dan pengoperasian Gerakan Pengelolaan Sampah ( GERPAS) Berdaya adalah salah satu bentuk alternatif pengelolaan sampah yang dilakukan di Kabupaten Sampang, dengan demikian tidak memberi sumbangan permasalahan sampah pada masyarakat. Bahkan diharapkan mendorong Masyarakat dalam peningkatan ekonomi

Dinas PMD Kabupaten Sampang menggandeng FKPM dan beberapa praktisi lainnya untuk ikut berperan aktif, ini merupakan salah satu bentuk inovasi di sektor pengolahan sampah melalui strategi baru dan tepat guna.

Tujuan

  1. Memberdayakan masyarakat melalui program pengolahan sampah menjadi Pengusaha Sampah.
  2. Memberdayakan Masyarakat Melalui program pengolahan sampah menjadi Produk daur ulang.
  3. Pengembangan Ekonomi setiap Individu dan kelompok dalam kesejahteraan desa.
    Menanamkan pemahaman pada Masyarakat bahwa barang bekas bisa berguna.
  4. Menanamkan pemahaman pada Masyarakat bahwa hidup bersih dan sehat sebagian dari iman.

Visi

  1. Menjadi Lembaga Model Kewirausahaan sosial daur ulang sampah berbasis komunitas tingkat Internasional.

Misi

  1. Mengedukasi warga sekolah dan masyarakat dalam penatalaksanaan sampah.
  2. Memberdayakan masyarakat dalam pengelolaan daur ulang sampah.
    Meningkatkan kontribusi dalam peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Sistem Kerja (Gerpas) Berdaya 

  1. GERPAS Berdaya terdiri dari semua anggota FKPM Kabupaten Sampang
  2. Gerpas Mempunyai 2 Divisi yaitu
    • Divisi Organik
    • Divisi an organik

Dalam Proses sosilisasi dan proses pengembangan pengolahan Sampah Gerpas berdaya membuat beberapa pembina yang membina masyarakat dalam lingkup kecil ketika masyarakat mengumpulkan sampah kering dengan sampai 0 % sampah yang di pilah. Adapun Pembina disetiap kecamatan diisi oleh Koordinator FKPM kecamatan.

Divisi Organik

Menangani permaslahan sampah basah dengan membuat wadah sampah yang bisa di jadikan pupuk kompos dan bahan pemberdayaan lainnya seperti maggot, cacing dsb.

Divisi An Organik

Dengan sistem sontor, berbeda dengan manjemen pengolahna lainya, kami selalu memberikan pemahan kepada masyarakat bahwasanya sampah kering yang bernilai jual dimasukakn dalam karung sehingga proses peecepatan pengalihan ekonomi bisa cepat teratasi.
Sampah yang yang masuk kategori sudah di tentukan, semua sampah kering masuk kecuali 6 macam sampah kering yang tidak masuk, diantaranya adalah batu, pampers, kaca, ban, dll.

Hasil Inovasi

Dengan adanya Gerakan Pengelolaan Sampah berdaya ini, semakin memudahkan masyarakat untuk berusaha tanpa modal dan bisa mengahasilkan pengahasilan yang cepat dan berkelanjutan, sehingga masyarakat mampu berdaya dan mandiri secara ekonomi serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, gerakan ini sangat berbeda dengan pengelolaan lainnya karena menggunakan system sontor sehingga masyarakat tidak bigung dalam pengumpulan sampah nya.