Pelaksanaan Pemilihan Antar Waktu (PAW) Untuk Kepala Desa

Pelaksanaan Pemilihan Antar Waktu (PAW) Untuk Kepala Desa

Kepala Desa (Kades) Bringin Nunggal Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang H. Abdullah Hidayat mengundurkan diri dikarenakan maju sebagai calon Bupati di Pilkada Sampang 2018, kekosongan jabatan kepala tersebut dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) melalui proses pemilihan terbatas di Desa setempat, dalam proses pemilihan Kades PAW tersebut ada dua calon yang diusung yakni Abdul Rouf Effendi dan Arif Supriyadi dengan total pemilih terbatas atau khusus PAW di Desa Bringin Nunggal berjumlah 43 orang yang terdiri dari empat Dusun yaitu Dusun Bringi, Dusun Palelangan, Dusun Morsabe dan Dusun Cangginih.

Hasil pemilihan yang menjadi Kades PAW terpilih adalah Rouf Effendi dengan perolehan 26 suara, sedangkan Arif  Supriyadi mengantongi 15 suara, untuk suara tidak sah ada 2 suara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sampang H. Abd. Malik Amrullah, SH, MSi mengatakan bahwa pelaksanaan PAW ini dikarenakan Kades Bringin Nunggal sebelumnya H. Abdullah Hidayat mencalonkan diri sebagai calon wakil Bupati Sampang di Pilkada Kabupaten Sampang.

Kades sebelumnya sudah mengundurkan diri sebelum pendaftaran calon Wakil Bupati di Pilkada Kabupaten Sampang, maka setelah dijabat oleh Pj Kades maka dilakukan PAW, beliau menambahkan untuk selanjutnya setelah penetapan Kades PAW terpilih akan dilakukan pelantikan, saat ini kita akan menyampaikan kepada Bupati Sampang secara administrasi untuk segera dibuatkan Surat Keputusan (SK).

Sementara Suhanto, SE Kepal Bidang Bina Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Sampang juga menambahkan bahwa proses pemilihan Kepala Desa khusus PAW Kabupaten Sampang sudah melaksanakan yang ketiga kalinya, yakni Desa Sejati Kecamatan Camplong, Desa Plasa Kecamatan Sreseh, keduanya karena berhalangan tetap yakni meninggal dunia sebelum akhir jabatannya, yang ketiga kalinya ini Kepala Desa Bringin Nunggal Kecamatan Torjun yang mengundurkan diri karena maju dalam Pilkada Kabupaten Sampang sebagai calon Wakil Bupati.

Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa antar waktu tersebut, berdasarkan undang – undang Desa, Peraturan Pemerintah dan Peraturan Bupati Sampang Nomor 33 Tahun 2016 tentang pedoman pencalonan, pemilihan, pengangkatan, pelatihan dan pemberhentian Kepala Desa yang tertuang pada Bab IX pemilihan Kepala Desa antar waktu pasal 70 :

  1. Pemilihan Kepala Desa antar waktu dilakukan apabila sisa jabatan Kepala Desa yang berhenti lebih dari satu tahun sebagaimana dimaksud pada pasal 59, Bupati mengangkat PNS dari Pemerintah Kabupaten sebagai pejabat Kepala Desa sampai terpilihnya Kepala Desa yang baru melalui hasil musyawarah Desa.
  2. Pejabat Kepala Desa sebagaimana dimaksud pada ayat 1 melaksanakan tugas, wewenang, kewajiban, dan hak Kepala Desa sebagaimana dimaksud pada ayat 1 sampai dengan ditetapkannya Kepala Desa.
  3. Musyawarah Kepala Desa yang diselenggarakan khusus untuk pemilihan Kepala Desa antar waktu, dilaksanakan paling lama dalam jangka waktu 6 bulan terhitung sejak Kepala Desa diberhentikan.
  4. Kepala Desa yang dipilih melalui Musyawarah Desa melaksanakan tugas Kepala sampai habis sisa masa jabatan Kepala Desa yang diberhentikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *