Profil Aplikasi SIPADES

Profil Aplikasi SIPADES

Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) merupakan aplikasi pencatatan administrasi aset desa sesuai dengan Permendagri 1/2016 tentang aset desa mulai dari perencanaan, pengadaan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan, tujuan dibangunnya aplikasi SIPADES adalah untuk menertibkan kepemilikan aset desa sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menertibkan penggunaan aset untuk berdaya guna dan berhasilguna bagi pemerintah dan masyarakat desa, selain itu untuk mempermudah Kepala Desa dalam meyampaikan kekayaan milik desa serta sebagai alat bantu pemerintah desa dalam tatakelola aset yang dimiliki termasuk inventaris, kodefikasi dan labelisasi aset desa. Keunggulan aplikasi SIPADES adalah mampu berjalan tanpa koneksi internet, interface yang mudah digunakan, kompatibel dengan berbagai sistem operasi komputer dan menggunakan microsoft access sebagai basis data yang dapat memudahkan pengguna awal.

Lihat Juga : Download Modul Pengisian Aplikasi SIPADES

Dengan hadirnya aplikasi SIPADES ini diharapkan akan menjadi cikal bakal bagi berbagai pihak dalam upaya pengembangan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa khususnya pengelolaan aset desa. Berbicara tentang aset desa ini tidak terbatas hanya pada benda atau yang sifatnya fisik akan tetapi sumberdaya alam, sumberdaya manusia, aset sosial dan aset kelembagaan juga merupakan aset desa, melalui penerapan aplikasi ini diharapkan menjadi kunci utama keberhasilan pemanfaatan aset sebagai kekayaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa.

Perlu diketahui juga bahwa kebijakan tentang Pengelolaan Aset Desa sebagaimana telah diterbitkannya PeraturanMenteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa, dimana dalamPasal 28 ayat (2) menyatakan perlu disusun Pedoman Umum Kodefikasi Aset Desa, agar penatausahaan Aset Desa yang meliputi pembukuan, inventarisasi dan pelaporan kekayaan milik Desa dapat terwujud dengan tertib, efektif dan optimal sesuai prinsip-prinsip pengelolaan aset pada umumnya.

Berangkat dari permasalahan di atas dan mengingat pentingnya kodefikasi Aset Desa, maka Direktorat Fasilitasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri sesuai tugas dan fungsi di Tahun Anggaran 2017 melakukan Penyusunan Pedoman Umum Kodefikasi Aset Desa melalui pembahasan dalam Diskusi Terarah dengan instansi terkait secara terus menerus dan diharapkan akan menghasilkan suatu kebijakan Peraturan Menteri Dalam Negeri yang mengatur tentang Pedoman Umum Kodefikasi Aset Desa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *