• Visi dan Misi SKPD

Pernyataan visi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sepenuhnya mengacu pada pernyataan makna yang dikandung dalam visi Kabupaten Sampang Tahun 2013-2018. Hal ini dikarenakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sampang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Sampang, bertugas melaksanakan urusan rumah tangga daerah dan tugas pembantuan, serta melakukan pembinaan, koordinasi, pengawasan dan penyelenggaraan kegiatan dibidang pemberdayaan masyarakat yang meliputi pengembangan kelembagaan desa, social dan budaya masyarakat, ekonomi rakyat dan pemanfataan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna.

Untuk itu visi dan misi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mendukung pencapaian visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang. Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Kabupaten Sampang Tahun 2013-2018, visi Kabupaten Sampang untuk Tahun 2013 – 2018 adalah Terwujudnya birokrasi sehat, masyarakat kuat, lingkungan bersahabat demi tercapainya Kabupaten Sampang yang bermartabat “

Atas dasar Visi Kabupaten Sampang tersebut, maka Visi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tahun 2013-2018 adalah, “Terwujudnya Masyarakat Sampang yang Partisipasitif, Mandiri dan Sejahtera “

Visi ini mengandung makna bahwa di masa mendatang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di dalam penyelenggaraan pembangunan masyarakat dan desa akan memperhatikan aspek kehidupan dan penghidupan masyarakat dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan dengan mengembangkan swadaya gotong royong masayarakat, bahwa pembangunan Desa dan Pembangunan masyarakat pedesaan perlu terus didorong melalui pengembangan sumber daya manusia, pemanfaatan sumber daya alam, dan penumbuhan iklim yang mendorong tumbuhnya prakarsa dan swadaya masyarakat.

Pemahaman terhadap Visi tersebut bermakna sebagai berikut :

  1. Kemandirian masyarakat adalah suatu kondisi dinamis yang memungkinkan masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya berdasarkan potensi, kebutuhan, aspirasi dan kewenangan yang ada padanya, yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah serta seluruh pelaku pemberdayaan masyarakat.
  2. Parsipatif adalah melembagakan kapasitas pemerintaahan lokal dalam memfasilitasi pengelolaan pembangunan partisipatif dengan mendayagunakan sumber daya lokal.
  3. Sejahtera adalah terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat dalam rangka peningkatan pelayanan kebutuhan dasar dengan berorientasi pada peningkatan mutu kehidupan, pengurangan beban hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

Sedangkan misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikan. Untuk mewujudkan  Visi yang telah terpapar diatas, rumusan Misi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa 2013 – 2018 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
  2. Mendorong Kemandirian Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pembangunan Masyarakat dan Desa.
  3. Meningkatkan Pemenuhan Kebutuhan Dasar dan Strategis Masyarakat.
  4. Mengoptimalkan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna.