Website Desa Sebagai Ujung Tombak Digital

Website Desa Sebagai Ujung Tombak Digital

Pemerintah Kabupaten Sampang Melalui Dinas PMD telah berupaya untuk memaksimalkan ekosistem di desa dari berbagai sektor berbasis digital, menggandeng Sahabat Digital Kreatif sebagai pengembang website dan aplikasi berbasis android sekaligus mitra kerja agar terus bisa ikut berperan aktif dalam percepatan pembangunan yang mana ini sejalan dengan salah satu visi misi Kabupaten Sampang.

Visi Pembangunan Kabupaten Sampang 2019 – 2024 sebagaimana disebutkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah ”Sampang Hebat Bermartabat” dengan salah satu misi     ”Mengembangkan kemandirian ekonomi daerah dan desa berbasis pengelolaan potensi lokal dan ekonomi kreatif” dengan mengedepankan pelayanan publik di desa yang berbasis digital dan pengelolaan potensi desa melalui promosi digital yang inovatif dan informatif serta tepat sasaran.

Sistem Terpadu Informasi Desa merupakan salah satu implementasi dari Visi Misi Bupati Sampang dalam mewujudkan Sampang Hebat Bermartabat melalui pemerataan informasi serta pelayanan publik di desa yang berbasis digital.

Potensi yang dimiliki Desa tumbuh dan berkembang diberbagai pelosok wilayah kabupaten sampang dengan luas wilayah 1.233,30 km2 dan letak geografis yang cukup sulit untuk dijangkau, melalui pembinaan secara langsung maka dirasa perlu hadirnya ruang asistensi, konsultasi dan layanan untuk pengembangan di segala sektor yang ada di desa secara baik dan cepat dengan berbasis digital yaitu Sistem Terpadu Informasi Desa.

Tujuan dan Manfaat :

  1. Mengoptimalkan ruang layanan asistensi kepada Masyarakat dan Aparatur Desa dalam Pengembangan ekonomi lokal kreatif dan inovatif di berbagai sektor di desa yang  berbasis digital.
  2. Sebaran Informasi publik yang merata dan bermanfaat untuk masyarakat desa
  3. Literasi digital tentang pentingnya kemudahan akses informasi yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan
  4. Manajemen sistem pemerintahan desa yang terpadu dan terintegrasi dengan layanan digital yang ada di daerah.
  5. Sebagai ruang Promosi digital untuk potensi desa sehingga dapat meningkatkan minat kerjasama di sektor ekonomi khususnya bagi masyarakat di luar daerah.
  6. Meningkatkan Perekonomian Desa yang berbasis digital.
  7. Menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung layanan umum warga yang berbasis digital.

Membuka lapangan kerja

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum berbasis digital.
  2. Meningkatkan pendapatan masyarakat dan Pendapatan asli desa
  3. Memberikan ruang layanan dan promosi digital secara cepat tentang permasalahan dan target pasar yang akan dihadapi masyarakat.
  4. Membuka Akses kemitraan dalam mengembangkan usaha.

Manfaat

  1. Inovasi ini bisa memberikan layanan asistensi dan kosultasi lebih mudah dan cepat kepada Masyarakat Desa dalam pengembangan usahanya terkait managemen pengelolaan potensi Desa yang berbasis digital
  2. Memberikan kemudahan kepada semua pihak khususnya masyarakat desa dan terintegarsi dengan layanan digital publik di kabupaten sampang.

Hasil Inovasi

Dengan adanya inovasi ini semakin mempermudah dalam pelayanan kebutuhan informasi di Desa yang sifatnya penting maupun umum untuk mendapatkan pelayanan dengan baik dan cepat serta  dapat memberikan kemudahan akses kepada semua pihak yang terintegrasi dalam lingkup layanan publik berbasis digital.